Jumat, 05 Desember 2014

Ramen Hakata Ikkousha (Manyar Kertoarjo) - Ramen Asli Dari Jepang ! Enak !

 

Akhirnya setelah sekian lama antri dalam daftar review saya, Hakata Ikkousha berhasil saya review dan bisa saya ceritakan ke teman teman saya semua ini. Beberapa tahun lalu nih, si Hakata Ikkousha sempat membuat kehebohan di Surabaya karena semua orang berbondong bondong untuk makan di tempat ini. Bisa dibilang Hakata Ikkousha adalah salah satu ramen yang fenomenal di Surabaya. Tempat ini sempat bikin semacam antrian gitu yah di sistemnya saking banyaknya orang yang mau makan disini.



 

Tempatnya sendiri cukup Luas. Saya bersama dengan teman saya datang di jam sebelum jam siang sehingga tidak terlalu ramai. Tempat duduknya ini enggak ada senderannya sehingga jangan coba coba deh duduk macem macem kalau gak mau jatoh, hehe. Untuk dapurnya ini open kitchen gitu teman teman jadi kita bisalah melihat cara pembuatannya. Katanya nih kokinya dari jepang aseli pemirsa. Ya, gak heran deh kalau tempat ini bakalan rame. Untuk interiornya sendiri cukup simple. Warna didominasi oleh warna merah, putih, dan juga hitam. Pencahayaan juga cukup bagus sehingga tidak kesulitan untuk pengunjung yang akan mengambil gambar makanan seperti saya :)

Semuanya telah ter-organisir dengan baik oleh pelayannya. Service mereka cukup memuaskan. Mereka cukup ramah dan juga murah senyum. Tentu saja kerja mereka cepat dan tidak lelet sehingga kita tidak dibiarkan terlalu lama menunggu. Oh ya sebelum masuk ke tempat ini kita diharuskan untuk memberikan identitas kita loh, entahlah gunanya untuk apa.







Jangan kaget melihat gambar diatas ya teman teman karena memang tempat ini menyajikan menu ramen babi sebagai hidangan makan di tempat ini. Tapi, tempat ini juga menyediakan menu yang ayam kok. Ramen babinya adalah salah satu best sellernya; bisa dilihat di beberapa blog lainnya.



Disini juga disediakan macam macam perkakas dan bahan yang bisa kita ambil dan pakai sesuka hati. Yang paling mencolok tentunya adalah hadirnya beberapa siung bawang putih dimangkuk yang telah dituangkan air. Ada juga sambel sebagai komponen tambahan untuk membuat ramen menjadi pedas. Selain itu disediakan juga bawang goreng yang asiknya bisa kita makan sepuasnya, haha. 

Yuk, sekarang kita bahas makanan dan minumannya.


Ocha
Supaya terlihat lebih otentik gitu karena ramen sendiri berasal dari Jepang maka yang kami minum adalah teh ocha. Selain alasan diatas kami memesan ocha karena free refill. Ya, meskipun saat itu turun hujan dan dingin tapi hasrat kami untuk minum sesuatu yang dingin tidaklah surut. Rasa ochanya ini ya khas dari ocha. Enggak manis sehingga terkesan pahit gitu, tapi seger. Saya sampai minta 1x refill untuk si ocha ini. Saya suka dengan ochanya ini. Disajikan dingin memang lebih nikmat. 
Price = IDR 8.800 ( Excluded Tax 10% )
 

Mie Celup Kuah Ayam
Menu yang ini adalah pesanan teman saya. Bentuknya memang paling cetar diantara yang lain. Paling meriah dan juga paling banyak gitu komponennya. Kuahnya ada dua gitu. Yang satu warna coklat dan yang satunya warna keruh. Ayam, telur, dan jamurnya diletakkan terpisah. Telurnya ini dalemnya setengah mateng gitu, enak deh. Untuk mienya ini teman saya memilih mie besar karena memang cocok dengan mie celup ini. Saya tentu saja mencicipinya. Saya kurang begitu bisa menikmatinya karena ada rasa ikannya juga dikuahnya itu. Well, ini alasan pribadi yah karena memang saya kurang begitu menyukai ikan. Nah beda dengan teman saya, teman saya makan mie celup ini dengan tenang dan juga hikmat sampai habis! Menandakan bahwa mie celup ini enak.
Price = IDR 58.000 ( Excluded Tax 10% )
Taste - 7.5/10



 
Ramen Ayam Spesial
Ramen yang satu ini adalah ramen ayam beneran; bukan ramen ramenan yang harganya 10 atau 20ribuan. Saya tekankan lagi kalau di Hakata ini adalah ramen jepang sehingga jelas saya penampilannya lebih wah. Kuahnya sendiri berwarna keruh yang mengisyaratkan bahwa rasa kuahnya ini daging banget. Rasanya gurih dan juga yummy. Rasa dagingnya sangat kuat, enak banget. Rasa gurih dan asinnya pas. Dimakan dengan mie kecilnya jadi makin yummy. Ada beberapa slice ayam yang rasanya gurih dan tentu saja enggak alot. Si kuning telur juga berdiri manja diatas keruhnya ramen ini. Pokoknya memang ramen ayam ini enak banget. Rasanya daging sekali sehingga terasa gurih. Well, totally recommended !
Price = IDR 56.000 ( Excluded Tax 10% )
Taste = 8.5/10




 
Nah ini dia alat yang akan saya review. Alat ini adalah semacam penghancur bawang sehingga menjadi adonan lembut yang siap dicampurkan didalam ramen dibawah ini. Caranya gampang banget. Cukup letakkan bawang ditengah lalu pencet deh dan tekan itu si alat pemeras bawang. Tekan terus sampai bawang keluar menjadi adonan halus seperti dibawah ini.
 

Well, mari kenalan dengan menu yang satu ini namanya adalah Ramen Ayam Tamtam. Yuk, mari intip review selengkapnya dibawah ini.





Ramen Ayam Tamtam
Pada dasarnya ramen yang satu ini sama dengan si ramen ayam spesial diatas. Ramen ini berbeda karena diberi semacam minyak cabe dengan tujuan agar memberikan rasa pedas nikmat kepada pengunjung. Rasanya sih hampir sama dengan ramen ayam diatas. Ada rasa gurih dan juga asin yang pas. Rasa dagingnya jelas sekali terasa di ramen ini. Untuk minyak cabenya ini sendiri memang memberikan rasa pedas tapi menurut saya biasa aja rasanya, malah saya menambahkan sambel supaya rasanya jadi lebih pedas, hehe. Ayamnya enak karena empuk dan juga gede gede. Rasanya gurih dan juga cocok banget dimakan barengan sama kuah yang "daging" banget ini. Si telur sexy juga tidak lupa hadir. Telurnya enak dengan kematangan yang sempurna, setengah matang, my fave! Oh ya, seperti foto diatas, Ramen Ayam Tamtam pesanan saya ini saya kasih bawang putih halusnya yah sehingga rasanya lebih tasty dan juga harum. Must try!

Tapi kalau boleh jujur, saya lebih memilih si Ramen Ayam Spesial diatas karena yang Ramen Ayam Tamtam ini lebih eneg sehingga saya lebih menikmati si Ramen Ayam Spesial tersebut. Tetep enak kok si Ramen Ayam Tamtam ini.

Price = IDR 58.000 ( Excluded Tax 10% )
Taste = 8/10




Puas dan senang bisa berkunjung ke Ramen Hakata Ikkousha ini. Porsi ramennya besar dan jelas bikin kenyang. Selain itu juga rasa ramennya enak; rasanya gurih dan daging banget. Si telur sexy-nya juga bikin si ramen jadi makin yummy. Harga di tempat ini juga standar, tidak terlalu mahal untuk sebuah mangkok ramen asli jepang, cuma 50ribuan. Jadi Ramen Hakata Ikkousha ini menyajikan ramen asli jepang yang enak dan juga gurih. What a nice meal !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...