Minggu, 30 November 2014

Boncafe (Manyar Kertoarjo, Surabaya) - Steak Sapi, Ayam, Babi, etc ; Cerita Dimana Chicken Lebih Yumm dari Beef !

Sore hari itu saya bersama dengan sahabat saya berkesempatan untuk makan di Boncafe. Untuk kali ini dalam rangka traktiran sahabat saya ini karena dia sedang berulang tahun. Dipilihlah Boncafe karena kami berdua memutuskan untuk makan steak saja. Sebenarnya pilihan steak banyak sekali di Surabaya, namun setelah dipikir pikir terutama jarak tempuh maka Boncafelah yang terpilih. Boncafe ini adalah salah satu steak house paling terkenal loh di Surabaya.

Kami memilih Boncafe cabang Manyar Kertoarjo dikarenakan letaknya yang tidak terlalu jauh dari rumah teman saya. Boncafe itu cabangnya banyak juga loh. Untuk mencapat Boncafe ini memang cukup mudah. Kita hanya perlu melintasi Jl. Manyar Kertoarjo dari arah barat ke timur lalu cari deh pertigaan dan belok kiri. Disitu ada tempat belanja yang terkenal yakni Bonet. Nah dari Bonet itu lurus aja terus sampai ketemu mentok sama Boncafe ini. For your information aja nih, di jalanan tadi itu kanan kiri rata rata tempat makan semua loh dan Boncafe ini ada di paling ujung, jadinya gampang banget menemukan tempat makan yang satu ini.


Tampak depan dari tempat makan yang satu ini memang khas dan juga apik. Disini logonya juga sudah terkenal banget jadinya ya orang pasti tau lah kalau itu Boncafe. Kami masuk melalu pintu samping. Nah setelah turun dari mobil saya sempatkan diri untuk jalan sebentar di pinggir restoran ini, cakep lah bagian luarnya. Udah gitu pintu masuk sampingnya ini enggak kalah dengan yang didepan tadi loh .

 
Karena kami datang sore hari dan itu bukanlah jam makan jadinya suasananya tidak begitu ramai, ada beberapa orang yang makan juga di tempat ini. Suasananya disini itu simple tapi apik. Permainan warnanya juga enggak banyak sehingga sedap dipandang mata. Jarak antar meja juga sudah cukup pas. Pelayannya sendiri sih cukup ramah dan juga bisa melayani pesanan kita dengan baik dan tanpa masalah. Untuk pesanan saat itu saya memesan Beef Tenderloin yang spicy sedangkan sahabat saya memilih Deep Fried Chicken. Untuk minumannya saya memilih Es Telasih Stroop dan sahabat saya Es Teh Manis. 




Itu buku menunya, tidak sempat saya foto semua sih. Semoga bisa menjadi referensi saat mengunjungi resto ini :)

Orang Indo memang tidak bisa terlepas dari yang namanya sambel. Nah disini disediakan saos tomat dan saus cabai sebagai penunjang rasa dari steak di tempat ini.


Complimentary Bread
Ini adalah roti gratis yang akan disajikan sesaat setelah kita selesai memesan menu. Enggak usah ragu ya karena yang ini memang hidangan pembuka dan free loh jadinya enggak bayar. Disini yang bikin spesial adalah butternya. Butter yang ini jelas beda dengan butter yang lain. Butter yang ini itu enak banget rasanya, enggak bikin eneg deh pokoknya. Selain itu juga pas banget dimakan sama si roti yang empuk dan ngembang itu. Kalau saya sih saya cocol dengan saus steaknya biar lebih tasty. What a nice combination.


Disini steaknya dianter pakai kereta dorong..
Dan yang saya suka ini adalah mereka mengantarnya dengan kereta makanan gitu deh, seneng dan lucu aja ngelihatnya, bagus deh pokoknya. Pelayannya juga menawarkan untuk sausnya mau dituangkan atau kita tuang sendiri. Pelayannya sopan dan ramah saat menanyakan itu dengan raut wajah yang baik. Karena kita pengen ada sensasi tersendiri jadinya kita pilih tuang sendiri dong untuk sausnya. Saus inilah yang menjadikan Boncafe terkenal. Konon katanya sausnya ini adalah pelopor saus steak dengan rasa yang light dan manis di Surabaya.







Beef Tenderloin Steak ( Spicy and Medium Well )
Kalau yang satu ini adalah pesanan saya sendiri. Karena saya cinta mati sama tenderloin maka saya wajib pesan steak beef yang satu ini. Yang saya kagum pertama adalah porsinya yah. Porsinya ini beneran gede loh jadinya bisa deh bikin puas dan juga kenyang. Saya pilih yang spicy supaya ada rasa pedesnya yang bikin selera makan saya bangkit. Untuk tingkat kematangan dagingnya sengaja saya pilih medium well karena ini pakai hotplate yang beneran panas. Kalau saya pesan yang well done takutnya nanti malah jadinya kurang empuk, oleh karena itu saya pesan yang medium well sehingga masih empuk meskipun ada di hotplate. Dan rasanya beneran empuk yah, mateng dan juga empuk. Dipotongnya itu juga enggak susah loh. Sausnya sama dengan yang tadi. Rasanya manis dan gurih, cocok banget dengan beef tenderloin ini. Ada french fries dan juga mix veggie yang semuanya enak. Di foto kedua itu ada onion yang duduk dengan cantik diatas steak saya, itu adalah pemberian dari sahabat saya karena dia enggak mau jadinya dikasih ke saya deh. Nah, saya suka mencocol roti tadi ke sausnya ini yah karena rasanya jadi enak dan ada sensasi panas gitu dari sausnya.
Taste = 8.5
Price = IDR 73.000 ( Exclude Tax 10% )
 
Deep Fried Chicken
Ini adalah pesanan sahabat saya. Simplenya sih ini adalah steak ayam yang digoreng tepung lalu disiram dengan saus Boncafe tadi itu. Kelihatannya sih simple yah tapi soal rasa jangan ditanya. Yang ini itu enak banget. Ayamnya itu krispinya pas dan daging ayamnya mateng sempurna. Enggak ada kesan alot dan berminyak deh buat steak ayam yang satu ini. Hotplatenya juga memang beneran panas loh jadi hati hati ya jangan sampai terkena tangan karena panas. Steak yang satu ini enggak hadir polosan gitu yah karena dihadirkan juga dengan french fries dan juga mix veggie. Yang pasti memang sausnya itu yang menjadi kunci kelezatan steak yang satu ini. Sausnya ini manisnya pas, gurihnya pas, dan enggak bikin eneg. Kalau mau pedes bisa ditambah dengan chili sauce yang memang disediakan di tiap meja. Saya suka banget yang ini, padahal biasanya saya suka beef steak. Tapi kali ini saya akui bahwa deep fried chicken ini lebih yumm dari tenderloin saya.
Taste = 9/10
Price = IDR 49.000 ( Exclude Tax 10%)

  
 Es Teh Manis
Siapa yang tidak kenal dengan minuman ini. Minuman yang merakyat ini memang sepertinya ada ya di restoran manamun di Indonesia, tidak terkecuali dengan Boncafa ini. Teh manis yang disediakan ini adalah salah satu minuman yang simple namun bisa menyegarkan dahaga setelah makan steak dengan hotplate tadi. Saya sih merasakan kalau teh manis ini memang manis tapi manisnya pas. Nice drink lah intinya.
Taste = 7/10
Price = IDR 12.500 ( Exclude Tax 10% )
  
Es Telasih Stroop
Ini minuman yang saya pilih karena dari menunya sih keliahatan kalau minuman yang ini itu bakalan seger. Salah satu poin yang saya suka dari minuman saya ini adalah telasinya yang bulet bulet kecil kecil itu, rasanya unik dan menyenangkan di mulut. Disajikan dingin sehingga seger deh rasanya. Sirupnya ini juga manis tapi enggak berlebihan. Porsi minumannya ini juga pas, enggak kecil dan juga enggak terlalu besar. Es Telasih Stroop ini memang cocok sebagai teman minum dari beef tenderloin steak saya tadi itu.
Taste = 7.5/10
Price = IDR 16.000 ( Exclude Tax 10% )


Memang Boncafe menjadi salah satu tempat steak house yang selain terkenal namun juga recommended banget baik dari segi porsi maupun dari segi rasa. Pelayannya juga enggak mengecewakan. Dari segi harga memang enggak bisa dibilang murah tapi sesuai banget dengan suasana, porsi, dan juga rasa steak di Boncafe ini. Saya sih bisa kenyang makan di tempat ini, selain porsi makannya yang besar ada complimentary breadnya juga yang bisa dijadikan menu pembuka sebelum lanjut ke main dishnya yakni steak.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...