Jumat, 09 Mei 2014

Pempek Ny. Kamto ( Jemursari - Surabaya ) - "Pempek Cantik nan Lezat"



Tergiur dengan gambar pempek cantik diatas ? Yuk, simak review ini

 Yeah, ini adalah gathering saya yang ke-4 di Surabaya. Terima kasih banyak ya saya ucapkan sebelumnya kepada pihak Openrice yang sudah memilih dan mengundang saya. Untuk tempat gathering saat ini sendiri adalah di Pempek Ny. Kamto. 





Ini adalah restoran pempek yang terletak di Jl. Raya Jemursari No. 252-F. Pempek ini bersebelahan dengan PHD. It is raining cat and dog yah alias hujan deras saat itu, untung saja saya datang duluan dan gak basah tentunya. Saya yang on-time nya kebangetan jadi nunggu cukup lama karena teman teman yang lain maih dijalan dan terjebak hujan.

Untuk tempatnya sendiri sih cukup bagus juga yah. Nyaman banget pokoknya duduk dan makan di tempat ini. Apalagi ada kursi sofanya, wah tambah nyaman deh. Saat itu sih sedang hanya ada 1-2 orang aja yang makan di tempat ini. Tapi beberapa menit kemudian saat jam makan siang tiba. Wah, rame banget yah. Banyak banget orang yang datang untuk makan di tempat ini. Pelayannya disini juga sudah cukup baik dan ramah pula, gerakannya pun cepat. Kebersihan juga telah dijaga dengan baik. Ini dia menu yang kami cicipi saat itu :

.
Pempek Model

Pempek ini bukan lebay atau narsis yah soalnya namanya itu model, lihat deh presentasi pempek ini. Cantik bukan ? bak model dalam kontes pempek, hehe. Ini pempek yang pakai kuah dari tekwan yah. Udah jelas banget yah kalau ini itu tidak digoreng. Kuahnya sih enak yah, rasanya itu cukup gurih dan juga segar. Dimakan dengan bihunnya jadi tambah oke kok rasanya. Kalau untuk pempeknya ini sendiri juga enak. Rasanya lembut dan daging ikan tenggirinya terasa. Didalemnya ini ada tahu sehingga enak gitu deh rasanya.

Pempek Kapal Selam

Pempek Kapal Selam ini seperti review saya kebanyakan sebelumnya itu, ini tuh favorit saya. Dan rasanya emang enak yah disini. Digorengnya bagus sehingga kulitnya ini cukup krispy dan juga didalemnya mateng dan empuk. Ikan tenggirinya juga terasa kok disini. Didalemnya ada telur yah seperti biasanya yang bikin enak. Saya makan ini dengan kuah cuka yang pedes itu rasanya jadi makin juara yah. Jadi asem pedesnya itu enak banget dan cocok untuk si kapal selam ini. Kuah cukanya disini ada 2 yang manis dan juga yang pedes.

 
Pempek Bulat

Ini pempek mirip bakso yang dipotong begitu yah. Ini memang aslinya bulat lalu dibentuk yah. Untuk yang ini itu ada tambahan merica dan juga bawang bombaynya. Untuk rasanya ini jelas enak karena digoreng. Ikannya terasa dan juga yang ini lebih berasa pedas karena merica dan ada sentuhan unik dari bawang bombaynya. Sip lah pokok e yang ini.

Lenggang Panggang

Ini pempek paling lucu dan imut yang pernah saya temui seumur hidup saya ( ciyus iki rek! ). Ini itu unik banget yah dan saya baru pertama kali mencobanya. Ini sih kalau saya pertama lihat itu seakan akan masih belom matengnya yah teliurnya, tapi enggak kok, ini udah mateng loh smile. Dan ini masaknya juga dengan api yang kecil dan harus sabar juga katanya. Untuk rasanya yang ini juga cukup unik dan lucu. Telurnya memang terasa tapi gak strong khas telur juga rasanya. Enak gitu. Apalagi ada teburan pempek lenjer diatasnya. Hmm yummy.

Pempek Kulit

Ini adalah pempek kesukaan saya disini setelah kapal selam tadi. Mungkin orang bakal geli yah kalau lihat kulit ikan tenggiri, tapi yang ini beda karena sudah diolah sedemikian rupa dan wah rasanya enak. Simpah ini gak amis yah. Rasanya ini ya rasa ikan tapi gak amis, udah gitu krispi lagi. Enak deh jadinya. Saya makan dengan kuah cuka pedes jadi maknyus dah rasanya, apalagi ditambah dengan timun yang segar.

Pempek Pastel

Pempek pastel ini gak digoreng yah. Ini itu bentuknya lucu deh dan juga saya belum pernah cobain gitu. Untuk isiannya ini juga ada pepaya dan ubi. Katanya ini juga ada santannya atau diolah dengan santan. Untuk rasanya ini enak juga yah. Untuk pepayanya mungkin tidak begitu terasa karena ditutupi dengan rasa ebi yang cukup kuat dihidangan ini. Enak loh ini, adonannya ini empuk yah. Saya suka ngunyahnya.


Pempek Lenjer

Untuk yang lenjer ini bentuknya sih memanjang gitu dan udah semi dipotong potong gitu sehingga saat memotongnya itu juga gak susah. Kalau yang ini sih saya makannya dengan yang kuha cuka manis. Untuk rasanya sih enak yah. Ada rasa manis dan juga asemnya. Tapi saya lebih suka yang pedes. Untuk lenjernya ini sendiri juga enak karena digorengnya pas dan ikannya terasa tapi gak amis.

Pempek Keriting

Kalau pempek keriting ini juga enak. Ikan tenggirinya berasa. Tapi kalau yang ini itu rasa tenggirinya memang sangat nampol sehingga ada rasa sedikit amis, tapi kalau untuk yang suka dengan pempek yang gak digoreng itu rasanya bakalan enak banget. Itu ya kata orangnya sendiri disini soalnya kalau gak digoreng itu memang tenggirinya berasa sekali, sebagian besar orang chinese yang minta diolah seperti itu. Jadi memang rasanya itu seperti ya openricers smile. Kalau untuk saya sih saya mending digoreng untuk hidangan yang satu ini.



So, saya suka yah gathering yang ini. Dibalik memang saya itu suka banget dengan yang namanya pempek. Pempek Ny. Kamto ini menyajian pempek yang mantap dan juga baru untuk saya. Pempeknya ini lezat rasanya. Ikan tenggirinya berasa dan enak gitu. Pempeknya ini bentuknya bagus dan presentasinya juga rapi. Bisa dilihat kan natanya itu rapi dan bersih. Piringnya juga bagus, enggak macam Ny. Farina itu -_- yang pakai piring warung. Kuah cuka pedasnya juga saya suka banget loh.

Gini deh intinya kalau mau bandingin Pempek Ny. Kamto dengan Ny. Farina :
1. Pempek Ny. Kamto :  ikannya kerasa banget, bentuk pempek bagus dan cantik, presentasi bagus, harga agak lebih mahal dari Ny. Farina, ukuran juga lebih imut dari Ny. Farina
2. Pempek Ny. Farina : ikannya gak senampol Ny. Kamto, presentasi ngawur karena pakai  piring warung jelek bahkan sterofoam yang di Royal Plaza, ukuran sedikit lebih besar, harga lebih murah

Sekian dan terima kasih ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...